Pitch Perfect 2012 Soundtrack
Muse 'Survival' Official Song London 2012 Olympics
Carly Rae Jepsen 'Call Me Maybe'
Jessica Sanchez & Jennifer Holliday 'And I'm Telling You I'm not Going
Phillip Phillips American Idol Winner Season 11
The Avengers 2012 Soundtrack
Haley Reinhart 'Free' Single Premiere
Carrie Underwood Good Girl Music Video
Taylor Swift feat. The Civil Wars Safe and Sound
Adele-Grammy Awards 2012 Performance
Katy Perry Rilis Special Album The Complete Confection
The Cranberries New Album 'Roses'
Train 'Drive By' New Single
Jason Mraz I Won't Give Up Video Music
Billboard Menobatkan Adele Sebagai Top Artist 2011
Lady Gaga Marry The Night Music Video
Lady Gaga & Sugarland on Grammy Nominations Concert Live
Katharine McPhee ‘Beautiful’ Smash TV Series
Taylor Swift - Ours on CMA Awards 2011
David Cook - Fade Into Me Music Video Premiere
Christina Perri - A Thousand Years Music Video
Coldplay - Paradise Music Video
Coldplay feat. Rihanna - Princess of China
Blake Shelton - Footloose Music Video
Kelly Clarkson What Doesn’t Kill You (Stronger) Single Premiere
Adele - Someone Like You Video Premiere
OST Twilight Saga: Breaking Dawn Part 1 Track Listing
Bruno Mars-It Will Rain (OST Twilight Saga: Breaking Dawn
Kelly Clarkson - Mr. Know It All Video Premiere
Sara Bareilles Gonna Get Over You Video Premiere
Coldplay 'Paradise'
Lady Antebellum 'We Owned the Night'
Adele 'Someone Like You'
Tony Bennett Duets II
Bruno Mars Tribute to Amy Winehouse
Lady Gaga 'You and I'
Pia Toscano 'This Time'
Maroon 5 feat. Christina Aguilera 'Moves Like Jagger'
Lauren Alaina 'Like my Mother Does'
Brad Paisley & Carrie Underwood 'Remind Me'
Lady Antebellum 'Owned the Night'
Beyonce 'Best Thing I Never Had'
Lady Antebellum 'Just a Kiss'
Haley Reinhart New EP
Lady Gaga 'The Edge of Glory'
Greyson Chance 'Hold on till the Night'
Katy Perry 'Last Friday Night/TGIF'
Rihanna 'Man Down'
Colbie Caillat 'All of You'
Christina Perri 'Lovestrong'
Beyonce 'Run the World (Girls)'
Rio Movie Soundtrack
David Cook 'This Loud Morning'
Sara Bareilles New Album

Jumat, 13 Mei 2011

Incendies (2010) - Perjalanan Menggali Sejarah Keluarga

Incendies (2010) film Canada yang diadaptasi dari drama panggung karya Wajdi Mouawad, ditulis dan disutradarai oleh Denis Villeneuve. Film ini juga merupakan salah satu nominasi Piala Oscar dan Golden Globe tahun ini kategori best foreign language film, sayang sekali harus kalah dari film Denmark In a Better World karya Susanne Beir.

Si kembar Jeanne dan Simon Marwan masing-masing perankan oleh Mélissa Désormeaux-Poulin dan Maxim Gaudette menemui pengacara sang Ibu Nawal Marwan yang baru saja meninggal dunia untuk pembacaan surat wasiat oleh notaris Jean Label (Rémy Girard). Betapa terkejutnya Jeanne dan Simon mengetahui bahwa ternyata ayah yang selama ini mereka percaya telah tiada ternyata masih hidup dan mereka mempunyai seorang kakak laki-laki. Si kembar mendapat tugas untuk memberikan dua buah amplop tertutup kepada sang ayah dan kakak dimana mereka akan diberi petunjuk alamat. Simon kesal akan wasiat Nawal menolak bergabung bersama Jeanne untuk perjalanan pencarian keluarga mereka yang membawa Jeanne berpetualang di sebuah negeri di Timur Tengah (tak disebutkan di negara mana) untuk melacak sejarah keluarganya dengan bekal sebuah foto Nawal.

Film bergerak flashback dimana Nawal Marwan (Lubna Azabal) muda tinggal di Timur Tengah tengah mencoba melarikan diri dengan seorang pemuda Wahab seorang pengungsi namun ketahuan saudara laki-laki Nawal, Nicolas (Bader Alami) yang langsung menembak Wahab dan menuduh Nawal membawa aib keluarga. Ditambah dengan kondisi Nawal yang ternyata sedang hamil akibat hubungannya dengan Wahab. Sementara Nawal tinggal di rumah sang nenek sampai waktu melahirkan. Nawal melahirkan anak laki-laki, sang nenek hanya sempat memperlihatkan tanda lahir berupa titik yang ada di kaki kanan nya untuk kemudian dibawa ke panti asuhan. Nawal berjanji untuk mencarinya suatu saat kelak. 

Beberapa tahun kemudian Nawal tinggal di ibukota ketika pecah perang saudara ketika tentara Nasionalis berhasil menduduki kampus dimana Nawal kini menjadi mahasiswa, aktivis dan militan pergerakan. Berhasil menyusup ke sarang musuh, Nawal berhasil membunuh pimpinan pemberontak yang mengakibatkan dijatuhi hukuman 15 tahun di penjara Kfar Ryat.

Kembali ke masa kini, Jeanne mulai melacak masa lalu Nawal bahwa sang ibu pernah dipenjara di Kfar Ryat. Dari seorang mantan sipir penjara, Jeanne mengetahui bahwa Nawal dikenal sebagai wanita dari kamar 72 yang mempunyai kebiasaan menyanyi dan bahwa Aboe Tarek (Abdelghafour Elaaziz) seorang sipir penjara yang terkenal sadis seringkali memperkosa sang ibu. Jeanne sangat terpukul dengan kenyataan pahit dan berusaha menghubungi Simon untuk bersama menggali lebih jauh dan Simon begitu sayang dengan Jeanne setuju untuk bergabung. Dengan bantuan Jean Label, mereka berhasil menemui Maika (Baya Belal) wanita yang membantu persalinan Nawal di Kfar Ryat. Dari Maika mereka mengetahui Nawal melahirkan anak kembar dan menitipkan bayi kembar agar Nawal bisa membawanya kelak dia keluar dari penjara.

Jeanne dan Simon menemukan fakta bahwa saudara laki-laki mereka yang tinggal di panti asuhan Kfar Kout dengan nama Nihad May (karena lahir di bulan Mei 1970) sebelum pecah perang saudara, ketika perang berlangsung panti asuhan dibakar dan Nihad menjadi anak asuh pimpinan pemberontak Chamseddine (Mohamed Majd). Dari Chamseddine Simon mengetahui Nihad menjadi pemuda bengis tanpa belas kasih dan pernah direkrut menjadi eksekutor di penjara Kfar Ryat dan Jeanne dan Simon harus menghadapi kenyataan pahit yang tak pernah mereka bayangkan sebelumnya.

Kembali ke Nawal yang tinggal di Canada sebelum kematian menjemput, sedang berenang bersama Jeanne ketika tiba-tiba melihat seorang lelaki di pinggir kolam renang dengan tanda lahir tiga titik hitam di kaki kanannya, Nawal mendekati sang pemuda, namun mengurungkan niat ketika mengenali wajah dan suara pemuda tersebut. Dari situlah Nawal mulai kehilangan kesadaran. 

Di masa kini di Canada Jeanne dan Simon mendatangi seorang laki-laki yang kini bekerja sebagai petugas kebersihan dan menyerahkan dua buah amplop wasiat sang ibu dan bergegas pergi meninggalkan lelaki tersebut yang tak lain ayah dan kakak mereka sendiri. Film berakhir dengan Abou Tarek/Nihad May mengunjungi makam Nawal Marwan.

Film ini berdurasi 2 jam 10 menit, namun penonton tak akan bosan mengikuti perjalanan Jeanne dan Simon menggali masa lalu sang ibu yang ternyata seorang perempuan dengan keberanian luar biasa yang bernasib tragis.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar