Pitch Perfect 2012 Soundtrack
Muse 'Survival' Official Song London 2012 Olympics
Carly Rae Jepsen 'Call Me Maybe'
Jessica Sanchez & Jennifer Holliday 'And I'm Telling You I'm not Going
Phillip Phillips American Idol Winner Season 11
The Avengers 2012 Soundtrack
Haley Reinhart 'Free' Single Premiere
Carrie Underwood Good Girl Music Video
Taylor Swift feat. The Civil Wars Safe and Sound
Adele-Grammy Awards 2012 Performance
Katy Perry Rilis Special Album The Complete Confection
The Cranberries New Album 'Roses'
Train 'Drive By' New Single
Jason Mraz I Won't Give Up Video Music
Billboard Menobatkan Adele Sebagai Top Artist 2011
Lady Gaga Marry The Night Music Video
Lady Gaga & Sugarland on Grammy Nominations Concert Live
Katharine McPhee ‘Beautiful’ Smash TV Series
Taylor Swift - Ours on CMA Awards 2011
David Cook - Fade Into Me Music Video Premiere
Christina Perri - A Thousand Years Music Video
Coldplay - Paradise Music Video
Coldplay feat. Rihanna - Princess of China
Blake Shelton - Footloose Music Video
Kelly Clarkson What Doesn’t Kill You (Stronger) Single Premiere
Adele - Someone Like You Video Premiere
OST Twilight Saga: Breaking Dawn Part 1 Track Listing
Bruno Mars-It Will Rain (OST Twilight Saga: Breaking Dawn
Kelly Clarkson - Mr. Know It All Video Premiere
Sara Bareilles Gonna Get Over You Video Premiere
Coldplay 'Paradise'
Lady Antebellum 'We Owned the Night'
Adele 'Someone Like You'
Tony Bennett Duets II
Bruno Mars Tribute to Amy Winehouse
Lady Gaga 'You and I'
Pia Toscano 'This Time'
Maroon 5 feat. Christina Aguilera 'Moves Like Jagger'
Lauren Alaina 'Like my Mother Does'
Brad Paisley & Carrie Underwood 'Remind Me'
Lady Antebellum 'Owned the Night'
Beyonce 'Best Thing I Never Had'
Lady Antebellum 'Just a Kiss'
Haley Reinhart New EP
Lady Gaga 'The Edge of Glory'
Greyson Chance 'Hold on till the Night'
Katy Perry 'Last Friday Night/TGIF'
Rihanna 'Man Down'
Colbie Caillat 'All of You'
Christina Perri 'Lovestrong'
Beyonce 'Run the World (Girls)'
Rio Movie Soundtrack
David Cook 'This Loud Morning'
Sara Bareilles New Album

Kamis, 29 September 2011

Melancholia (2011) Review

Menurut definisi Melancholia merupakan kondisi depresi akut ditandai dengan kesedihan berlarut, menangis dan ketakutan yang tak rasional. Sutradara asal Denmark, Lars von Trier menggambarkan hal dalam film terbarunya Melancholia, sebuah film psychological disaster movie. Film ini dibintangi Kirsten Dunst, Charlotte Gainsbourg, Kiefer Sutherland dan Alexander Skarsgard. Di ajang Cannes Film Festival ke 64 yang berlangsung bulan Mei lalu, Kirsten Dunst berhasil menyabet Best Actress Award.

Tokoh utama film ini kakak beradik Justine (Kirsten Dunst) dan Claire (Charlotte Gainsbourg). Film dibuka dengan gambar-gambar visual mengingatkan kita akan film The Tree of Life. Selama tujuh menit pertama, penonton disuguhi gambar visual burung-burung jatuh dari langit, kuda terjatuh dan planet yang bertabrakan dalam gerakan lambat dan iringan musik klasik. Sungguh mengesankan. Film ini dibagi menjadi dua bagian, yang pertama fokus pada Justine. Justine dan Michael (Alexander Skarsgard), pasangan pengantin baru dalam perjalanan menuju tempat resepsi pernikahannya di sebuah puri mewah dengan padang golf di sekelilingnya, milik Claire dan suaminya yang emosional, John (Kiefer Sutherland), hari di mana seharusnya menjadi hari paling bahagia bagi Justine, namun segera berubah menjadi bencana. 

Spoiler alert
Kehadiran orang tua Justine yang bercerai, sang ayah yang humoris, Dexter (John Hurt) dan ibunya perempuan yang menakutkan, Gaby (Charlotte Rampling) di acara makan malam di mana keduanya berdebat di depan para tamu membuat Justine merasa sedih ditambah kehadiran boss Justine yang licik dan egois, Jack (Stellan Skarsgard). Meski di luar Justine tampak baik, namun di dalam Justine dilanda kesedihan dan kecemasan. Bolak balik Justine keluar dan memandangi bintang di langit dan dorongan untuk menyendiri dari keramaian pesta, sementara Michael dengan penuh kesabaran menunggunya. Justine bertindak diluar kontrol dengan melakukan hubungan seks dengan Tim (Brady Corbet), asisten Jack di padang golf sementara pesta masih berlangsung. Penonton akan mudah menyimpulkan, Justine menderita depresi akut dengan mood yang berubah sangat cepat, dia menderita Melancholia. Tak tahan dengan kelakuan Justine, Michael pergi meninggal Justine setelah pesta berakhir. Justine benar-benar hancur.

Bagian kedua film ini fokus beralih kepada Claire. Setelah kepergian Michael, Justine  tinggal bersama keluarga Claire, Justine benar-benar depresi berat bahkan untuk mandi dan makan pun harus dibantu Claire. Sementara Claire sendiri dilanda kecemasan adanya sebuah planet (diberi nama Melancholia) mulai mendekati bumi dan berpotensi tabrakan. Meski Michael beberapa kali meyakinkan tak akan ada tabrakan antara Melancholia dengan bumi sesuai pendapat para ahli astronomi, namun Claire tetap yakin pada pendiriannya. Apalagi semakin lama planet tersebut semakin jelas tampak di langit dan mengancam bumi. Sementara Justine mulai membaik, Claire justru semakin sulit mengendalikan kecemasannya terutama kepanikan akan kehilangan anak laki-lakinya Leo (Cameron Spurr). Film berakhir dengan Justine, Claire dan Leo bergandengan tangan menghadapi bencana tabrakan yang digambarkan Lars von Trier begitu indah. 

Kehancuran dunia digambarkan dalam film ini hanya merupakan simbol, karena baik Justine maupun Claire sama-sama menderita depresi akut, Melancholia merupakan turunan dari ibu mereka, meski dengan alasan kecemasan yang berbeda yang menghancurkan seluruh hidup mereka. Meski film ini cukup membosankan dan melelahkan dengan running time lebih dari dua jam, dan ending cerita yang sudah ketahuan di depan, namun dengan pengambilan gambar dan lokasi yang sangat indah dan akting para bintang terutama Kirsten Dunst dan Charlotte Gainsbourg membuat penonton akan terus mengikuti cerita hingga akhir film.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar