Pitch Perfect 2012 Soundtrack
Muse 'Survival' Official Song London 2012 Olympics
Carly Rae Jepsen 'Call Me Maybe'
Jessica Sanchez & Jennifer Holliday 'And I'm Telling You I'm not Going
Phillip Phillips American Idol Winner Season 11
The Avengers 2012 Soundtrack
Haley Reinhart 'Free' Single Premiere
Carrie Underwood Good Girl Music Video
Taylor Swift feat. The Civil Wars Safe and Sound
Adele-Grammy Awards 2012 Performance
Katy Perry Rilis Special Album The Complete Confection
The Cranberries New Album 'Roses'
Train 'Drive By' New Single
Jason Mraz I Won't Give Up Video Music
Billboard Menobatkan Adele Sebagai Top Artist 2011
Lady Gaga Marry The Night Music Video
Lady Gaga & Sugarland on Grammy Nominations Concert Live
Katharine McPhee ‘Beautiful’ Smash TV Series
Taylor Swift - Ours on CMA Awards 2011
David Cook - Fade Into Me Music Video Premiere
Christina Perri - A Thousand Years Music Video
Coldplay - Paradise Music Video
Coldplay feat. Rihanna - Princess of China
Blake Shelton - Footloose Music Video
Kelly Clarkson What Doesn’t Kill You (Stronger) Single Premiere
Adele - Someone Like You Video Premiere
OST Twilight Saga: Breaking Dawn Part 1 Track Listing
Bruno Mars-It Will Rain (OST Twilight Saga: Breaking Dawn
Kelly Clarkson - Mr. Know It All Video Premiere
Sara Bareilles Gonna Get Over You Video Premiere
Coldplay 'Paradise'
Lady Antebellum 'We Owned the Night'
Adele 'Someone Like You'
Tony Bennett Duets II
Bruno Mars Tribute to Amy Winehouse
Lady Gaga 'You and I'
Pia Toscano 'This Time'
Maroon 5 feat. Christina Aguilera 'Moves Like Jagger'
Lauren Alaina 'Like my Mother Does'
Brad Paisley & Carrie Underwood 'Remind Me'
Lady Antebellum 'Owned the Night'
Beyonce 'Best Thing I Never Had'
Lady Antebellum 'Just a Kiss'
Haley Reinhart New EP
Lady Gaga 'The Edge of Glory'
Greyson Chance 'Hold on till the Night'
Katy Perry 'Last Friday Night/TGIF'
Rihanna 'Man Down'
Colbie Caillat 'All of You'
Christina Perri 'Lovestrong'
Beyonce 'Run the World (Girls)'
Rio Movie Soundtrack
David Cook 'This Loud Morning'
Sara Bareilles New Album

Sabtu, 03 Maret 2012

A Separation Review

A Separation film drama asal Iran merupakan film pemenang Best Foreign Language Film Academy Awards 2012, sekaligus mencatatkan diri sebagai film asal Iran pertama yang berhasil menyabet piala Oscar untuk kategori film berbahasa asing terbaik. Sebelumnya Children of Heaven hanya berhasil menyandang nominasi di tahun 1998 lalu. Kemenangan di ajang bergengsi Academy Awards sekaligus melengkapi penghargaan yang telah diraih film ini di ajang festival seperti Golden Globe, Berlin International Film Festival dan sejumlah penghargaan lainnya.

A Separation ditulis dan disutradarai oleh Ashgar Farhadi mengisahkan drama keluarga kelas menengah di Iran yang sangat menyentuh dengan perceraian yang mengarah menjadi tragedi memilukan dengan latar perbedaan kelas sosial ekonomi dan kondisi kehidupan perempuan di Iran. 

Film dibuka dengan adegan sidang perceraian Simin (Laila Hatami) menggugat cerai suaminya Nader (Peyman Maadi) seorang pegawai bank. Simin berusaha untuk mendapatkan hak asuh putri mereka satu-satunya Tarmeh, 11 tahun (Sarina Farhadi) untuk pindah ke luar negeri (tak disebutkan negara mana) untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Semua dokumen sudah disiapkan. Sementara Nader tak ingin pindah karena merasa berkewajiban merawat ayahnya (Ali-Asghar Shahbazi) yang menderita Alzheimer. ‘Does he even realize you are his son?’ demikian alasan Simin, Nader tak mau kalah balik membentak ‘I know he's my father.’ Nader tak mau memberikan talak kepadanya, hakim (tak pernah ditunjukan wajahnya) pun menolak permohonan cerai Simin.
Frustasi dengan keputusan hakim, Simin memutuskan untuk tinggal bersama orang tuanya meninggalkan Nader dan Tarmeh di apartemen mereka. Berharap Simin akan kembali suatu saat kelak, Nader memutuskan untuk sementara waktu mempekerjakan orang untuk menjaga ayahnya sementara dia bekerja. Atas saran istrinya, Nader mempekerjakan Razieh (Sarah Bayat) seorang perempuan religius terpaksa harus bekerja karena tuntutan ekonomi meski gaji yang ditawarkan Nader sangat sedikit. Tanpa sepengetahuan suaminya galak dan pemarah, Houjat (Shahab Hosseini) seorang pengangguran dan terlibat banyak hutang, Razieh menerima pekerjaan ini. Namun belum lama bekerja, Razieh menyadari pekerjaan ini sungguh berat baginya yang sedang hamil  dan membawa serta anak balitanya Somayeh (Kimia Hosseini) pada saat kerja. Razieh menawarkan pekerjaan tersebut kepada Houjat, tanpa menyebutkan dia pernah bekerja untuk Nader. Namun belum sempat Houjat memulai kerja, keburu dibekuk para kreditor memaksa Razieh untuk kembali bekerja.

Suatu hari Nader dan Tarmeh pulang awal mendapati apartemennya kosong dan ayahnya terjatuh dari tempat tidur dengan tangan satu terikat di tempat tidur. Ketika Razieh kembali, Nader marah besar dengan perlakuan Razieh terhadap ayahnya dan menuduhnya sebagai pencuri. Tak terima disebut pencuri, Razieh berusaha meyakinkan Nader, namun Nader sudah terlanjur meledak tak mau mendengarkan penjelasannya dan mengusir Razieh, mendorong keluar dari apartemen mengakibatkan Razieh terjatuh. Polisi segera menciduk Nader karena Houjat melaporkan istrinya keguguran akibat perbuatan Nader. Dari sinilah semua kerumitan terjadi dengan intensitas yang makin meningkat. Setiap karakter masing-masing mempunyai alasan dibalik tindakan mereka. 
Tak ada tokoh antagonis dalam film ini, seperti halnya kita semua karakter berusaha untuk bertindak benar, namun kadang dengan melakukan pilihan yang keliru saat terjebak dalam problematika dilematis, sungguh manusiawi. Melihat film ini seakan benar-benar melihat kehidupan kita sehari-hari berkat akting natural para aktor dan aktris yang bermain bahkan untuk aktris cilik Sarina Farhadi dan Kimia Hosseini yang imut. Musik hanya muncul di ending film begitu menyentuh. Pada akhirnya anaklah yang menjadi korban perceraian, penonton tak pernah tahu kepada siapa Tarmeh memilih apakah ikut bersama sang ayah atau pergi bersama ibunya. 
Jika negeri yang sering dilanda konflik mampu membuat film demikian menganggumkan, rasanya kita benar-benar mendambakan kapan kira-kira film Indonesia mampir berbicara di kancah internasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar